Sokbreker Nmax Keras? Obatnya cukup 30 ribu rupiah

Kembali lagi membahas Nmax, tapi kali ini periwel bahas salah satu kekurangan Nmax yang sangat mengganggu yaitu Sokbreker.

Yamaha Nmax diklaim oleh Yamaha sebagai salah genre Matic sport, sehingga memiliki karakter sokbreker stiff agar bisa menikung dengan stabil, genre yang menurut periwel aneh,karena konsumen membeli motor matic untuk memperoleh kenyamanan berkendara, kalo pengen genre sport? ya lebih baik beli ninja atau R series aja 😛

Kerasnya sokbreker Nmax baru dirasakan sendiri ketika ada kesempatan berkendara ke Cikarang via kalimalang, jalan kalimalang bekasi-cikarang didominasi oleh jalan cor dengan karakter tidak rata, Pengalaman naik Nmax lewat kalimalang perut serasa ditusuk2, skali kena gajlukan, alamaaakk!!!!!, padahal rute yg sama selama setahunan ini dilibas pake ninja mono enak-enak aja lho, padahal pake ninja yang karakter sport, masa pake Nmax yg genre matik sokbrekernya lebih keras daripada ninja, nggak masuk akal blass dul!!

Browsing sokbreaker pengganti Nmax ada beberapa opsi, pertama pake sokbreker ori bawaan Xride, tapi dari testimoni yang udh pake kerasnya sama aja, lah ngapain ganti klo gitu :P, kedua pake sokbreker aftermarket tapi harganya masa melebihi sokbreker original, ngga masuk :P, solusi ketiga ternyata YamahaPOD menyediakan Sokbreaker khusus Nmax dengan karakter lebih empuk, dijual dengan harga 570 ribu, “apaa, harus keluar duit setengah juta buat kenyamanan matic yang seharusnya sudah diperoleh ketika beli motor baru”

Ruar biasa karena banyak komplain tentang sokbreker, Yamaha bukannya recall malah jualan opsi sobreker empuk, SARAP!!! mungkin pemikiran Yamaha, “nih gue sedia sok empuk buat yang sokbekernya terlalu keras” knapa nggak dibalik aja jual Nmax dengan sokbeker yang sesuai dengan kontur jalanan Indonesia (empuk), silahkan POD jualan sokbeker dengan karakter keras, gue yakin banyak yg milih sokbeker empuk daripada sokbeker macam batu seperti sekarang.

Ah, daripada menyesali nasi yang udh menjadi bubur, lebih baik sekalian pikirkan opsi yang lebih murah, baca di blog wak Haji ada testimoni pemakaian per shogun 110 sebagai pengganti per asli Nmax.

Segera meluncur ke tukang sokbeker dibawah kolong kranji, tanya ama yang jaga “apa punya per sokbeker shogun 110” obrak-abrik sebentar ternyata nyelip sepasang, masih rejeki. hohohoho, balik kebengkel bongkar sokbeker Nmax, sekalian foto buat perbandingan.

 

IMG_20150823_110712

IMG_20150811_134418_AO_HDR

sokbeker asli, ulir renggang, kalo ditekan pake tangan kerasnya minta ampun.

kasih sokbeker asli ke tukang sok, ternyata bongkarnya gampang dul!!, cuma diteken pake dongkrak hidrolik, buka kuping bawah, langsung lepas ulirnya 😀 sedangkan untuk melepas per Shogun 110, entah sulit atau kenapa as sokbekernya digergaji sampe putus untuk diambil per-nya

sebelum dicuci foto perbandingan antara per asli Nmax vs per Shogun 110

IMG_20150811_140224_AO_HDR

atas per asli Nmax lebih renggang, sedangkan shogun ulirnya rapat.

 

setelah dicuci, per Shogun dipasang ke Sokbreker Nmax, hasilnya cukup rapi. ditekan lebih empuk dibanding pake per ori Nmax

IMG_20150811_144544_AO_HDR

IMG_20150823_110753

tes jalan ke cikarang via kalimalang jauh lbh empuk, walaupun tidak senyaman Vario 125, tidak ada gejala oleng waktu menikung,

dan cukup 30 ribu rupiah yang dibutuhkan untuk pergantian per shogun 110..

 

Periwel

Spesialis elektrikal otomotif, bekerja di HokieDokie Grup

Mungkin Anda juga menyukai

20 Respon

  1. Arrie mengatakan:

    Mas boleh minta nama & alamat bengkel utk bongkar shock nmax & tukang shocknya dimn? Kebtln saya baru ambil Nmax & tinggal di kalimalang jg, trims..

  2. asco skokbreker mengatakan:

    SHOCK belakang Motor anda…
    BOCOR– AUS– MATI– NJEDOK2 di polisi tidur –AMBLES– KERAS

    Jangan beli SKOK IMITASI atau SKOK VARIASI MURAHAN
    APALAGI SKOK SUNTIK2 AN anda pasti kecewa

    GANTI TABUNG HIDROLIS DALAMnya SKOK aja BARANG BARU ORI KWALITAS 1 IMPORT

    CUKUP MINDAH PER ORISINIL nya SAJA BERES SHOCK JADI BARU LAGI

    Honda
    1- Prima, Grand , Kirana , Legenda ===> 70 rb/set
    2- Supra X 125 , Revo 2008, Karisma ===> 70 rb/set
    3- Beat lama , Vario tecno lama ===> 50 rb
    4- Beat Fi , Vario PGM Fi 125 ===> 60 rb
    5- GL MAX PRO MP TIGER VERSA ===> 145 rb/set
    6- Abs Revo, Blade , New Supra X 2014 ==> 95
    Yamaha
    1- Vega R , Fiz ,Alfa , Cripton , Jupiter Lama ===> 65 rb/set
    2- Mio , Soul , Xeon ===> 50 rb
    3- Vega R New , Jupiter Z ===> 70 rb/set
    4- Vega ZR , Jupiter Z New ===> 75 rb/set
    5. Jupiter MX ===> 200 rb
    Suzuki
    1- Shogun R 110, Smash 110 ===> 70 rb/set
    2- Shogun R 125 ===> 95 rb/set
    3- Spin ===> 60 rb
    4. Satria FU ===> 200rb

    UNTUK BENGKEL HARGA LEBIH MURAH GARANSI 6 BULAN PENGIRIMAN LANGSUNG DARI SURABAYA-JATIM

    stan1 Pak Man skok jl adityawarman 85 sbya
    stan2 Loebis Motor jl semampir 41a sbya
    stan3 Sulton Skok jl raya Betro 45 sedati
    stan4 Asco skok perum kahuripan nirwana blok CA 9/58 sda

    TERSEDIA DI kota KEDIRI , TRENGGALEK , PONOROGO , MALANG , SAMPANG

    DICARI MITRA DI KOTA2 LAINNYA
    LUAR KOTA VIA POS JNE DLL

    Fast response WA –0857xxx3019xxx3167– BBm 587F5DF8

  3. LiaDoremi mengatakan:

    Saya berhasil tukar pakai suzuki smash bekas…berhasil…mantab murah dan hemat

  4. LiaDoremi mengatakan:

    Bongkar sendiri … congkel pakai obeng…tahan pakai kunci 13…lalu putar kepala shock sampai lepas….

  5. tian mengatakan:

    pangkong ulir yg bawah di pasang apa gak gans? katanya kalo dipasang harus di gerinda sedikit supaya masuk ya..

    • Periwel mengatakan:

      wajib pasang gan, klo ngga dipasang nnti ulirnya geser sendiri, bunyi waktu kena goncangan..
      gerinda sedikit saja agar bisa masuk

  6. Abdul13 mengatakan:

    Jadi pake suzuki lebih nyaman dong klo gtu?

  7. Jimmy18 mengatakan:

    Mas kalo boleh tau itu bengkel yang dikolong kranji sebelah mana nya ya ?

  8. 5mx mengatakan:

    Ane malah kerasin sok variasi di nouvo ane karena terlalu empuk.ampe skrng joss ga bocor sok ga**nya.
    Bengkelna sma kyna di kolong kranji arah ke harapan baru.

  9. Rendy mengatakan:

    waahh, beneran gtu gan? Ane sedikit ragu nih…

  10. Foredi Oles Kuat mengatakan:

    Problem sama dengan NMax ABS saya jadi pengen coba modif dengan punya Smash

  11. Dhimaz ananda mengatakan:

    Bengkel shock breaker,

    Sebelah sekolah Al Muslim, Kampung Utan, Cibitung – Bekasi.

    Ini bengkel langganan sy sejak tahun 2007.

    Harga terjangkau plus garansi juga.

    #recomended…

  12. Joni mengatakan:

    Terima kasih informasinya mau coba untuk ubah motor nmax saya yang keras sobrekernya..

  13. Mahendra mengatakan:

    nmax saya pakai per shogun kebo 110 klo boncengan mentok, solusi gimana ya bro ?

  14. wahyu mengatakan:

    per yang di atas, yang kena pangkon plastik oblak ndak bang?
    q kemarin ganti kog oblak ya yg diatas?

  1. 25/09/2015

    […] iseng kali ini adalah ganti warna per sokbeker, di sini warna per sok yang dipakain adalah item bawaan dari per asli shogun 110, setelah diamat-amati dari […]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons nartzco